Kamis, 13 Oktober 2016

Tips Merawat Printer Laser

Dalam dunia percetakan, kantor dan sebagainya tidak lepas yang namanya mencetak dokumen. Khususnya pada printer laserjet yang mana mempunyai kecepatan cetak yang tinggi. dengan frekuesi cetak yang banyak dan sering akan mengurangi kinerja printer itu sendiri. Pastinya anda tidak menginginkan printer laser anda rusak kan??
Agar printer  laser anda bisa awet dan tidak mudah rewel lakukan tips dibawah ini:

     Jaga Kebersihan Printer

Menjaga kebersihan printer dan juga lingkungan disekitar  printer itu sangat diperlukan, karena dengan printer yang bersih mencetak dokumen tidak akan ada masalah, mulai dari debu yang bisa mengotori sparepart printer akan perpengaruh pada hasil cetakan bahkan bisa merusak spareparts tersebut. Hindarkan juga dari berbagai benda seperti makanan, bolpoin, paper clip, isi staples, plastik, potongan kertas dll karena benda tersebut bisa menghambat kinerja printer tersebut: paperjam dsb.


     Hindarkan dari Sinar Matahari

Dalam printer laser ada komponen yang namanya OPC Drum & LSU (Laser Scanner Unit) kedua komponen tersebut sangat rentan dengan cahaya. karena dapat rusak kalau terkena sinar matahari langsung maka dari itu letakan printer yang jauh dari sinar matahari.


     Jangan Pakai Kertas Bekas

Kertas yang dimaksud adalah kertas rusak yang sudah pernah digunakan untuk mencetak dokumen, baik rusaknya karena terlipat, sobek, dll. Karena kertas yang terlipat/ sobek tidak presisi akan menghambat kinerja printer (misal paperjam). dan juga hindari juga penggunaan kertas bekas yang masih ada staplesnya (kasus ini sering terjadi karena memandang efisiensi dari kertas tsb). Apabila hal ini terjadi printer dipastikan akan rusak karena kertas akan menyangkut pada printer bahkan bisa merusak paper film, pressure roller, dsb yang mengakibatkan cetak dokumen jelek.


     Pakai Cartridge Toner yang Berkualitas

Pastikan anda memilih toner yang bagus & berkualitas. Selain Original yang sudah dipastikan 99% bagus, apabila anda mengunakan cartridge compatible gunakan cartridge compatibel yang recomended dan sudah dijamin dengan standart yang bagus serta bergaransi.
Apabila anda menggunakan toner refill / recondisi / remanufacture pastikan juga cartridge tersebut dikerjakan dengan yang bagus, Tidak Kotor / Bocor. Karena kebocoran cartridge akan tumpah didalam printer, akibatnya printer rusak.

     Maintenace Secara Rutin

Agar printer anda awet lakukan maintenance secara rutin, mengecek sparepart secara rutin 2-3 bulan sekali akan mengetahui bagaimana kondisi sparepart terssebut apakah perlu dilakukan pergantian secepatnya / tidak. Contoh hal kecil maintence rutin dengan membersihkan sparepart Picup roller misalnya itu sangat membantu apabila dilakukan secara rutin 2-3 bulan agar tidak kotor dari debu / kotoran kertas.
Tidak dipungkiri Printer laser yang mempunyai ketahanan yang bagus & bandel apabila printer sudah mengalami penurunan kinerja cetak, sparepart tersebut mau tidak mau harus diganti (sparepart yang cepat aus spt: Pickup roller, Paper film, Solenoid ).  Maka dari itu diperlukan maintenace rutin agar tahu kondisi printer sehingga tetap awet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar